GOA JEPANG YANG MENJADI TEMPAT WISATA, INI DIA FAKTA – FAKTA MENARIKNYA!

Indonesia yang pernah di jajah oleh Jepang pada tahun 1942 sampai 1945. Meskipun terbilang singkat, tetapi perlakuan militer Jepang kepada bangsa Indonesia tidak kalah kejam di bandingkan orang orang kompeni.

Pada saat itu, orang pribumi diharuskan untuk bekerja dengan paksa yang dikenal sebagai romusha. Mereka diperintahkan untuk membangun berbagai  fasilitas yang bertujuan untuk kepentingan militer, salah satu nya ada goa. Goa dibuat sebagai tempat perlindungan dari serangan sekutu yang datang.

Untuk sekarang, beberapa goa yang dibangun dahulu masih berdiri dan dijadikan sebagai lokasi wisata, bahkan di renovasi. Tujuan di renovasi adalah sebagai sarana untuk belajar tentang sejarah Indonesia untuk generasi selanjut nya. Berikut spot dari wisata sejarah yaitu goa Jepang yang ada di Indonesia.

Spot Wisata Sejarah Terbaik di Indonesia

1. Lobang Jepang Bukittinggi

Lobang jepang bukittinggi ini berada di jalan Panorama, bukit Cangang Kayu Remang, Kecamatan Guguk Panjang, Bukittinggi, yang tidak jauh dari lokasi jam gadang. Lobang Jepang di bangun pada tshun 1940 an silam. Ini di bangun guna lokasi pertahanan tentara Dai Nippon dari serangan musuh. Di kutip dari berbagai sumber, lobang Jepang ini kata nya dapat menahan bom seberat 500 kg. Lalu, lobang Jepang ini juga konon sebagai salah satu lubang terpanjang di Asia, yang mempunya pa njag 6 km yang dapat temput ke Ngarai Sianon dan Jamn Gadang.

2. Goa Jepang Bandung

Goa Jepang yang berada di Bandung, tepat nya di kawasan Taman Hutan Ir. Juanda, Dago, Kota Bandung. Goa ini di bangun pada tahun 1942 silam, Goa Jepang Bandung kemudian diresmi kan sebagai tempat wisata pada bulan Agustus tahun 1965 oleh Guberner Jawa Barat. Menurut sejarah nya, Goa Jepang ini menjadi saksi bisu atas tewas nya banyak orang Indonesia karena kerja paksa yang di lakukan oleh Jepang atau Romusha saat Jepang menjajah Indonesia. Selain orang lokal, tentara – tentara Jepang juga banyak yang tewas karena di bantai oleh sekutu di dalam goa ini pada tahun 1945.

3. Goa Jepang Kaliurang

Tidak hanya satu atau dua Jepang membangun goa nya di Indonesia. Tetapi Jepang membangun beberapa di lokasi yang berbeda. Goa Jepang Kaliurang ini berada di lereng Selatan Gunung Merapi. Pada zaman itu, Goa ini di bangun sebagai tempat tinggal sekaligus tempat untuk berlindung para tentara Jepang dari para sekutu. Tetapi Goa Jepang Kaliurang ini berbeda dengan Goa Jepang yang berada di Bandung dan di Bukittinggi. Karena Goa ini mempunyai jumlah sebanyak 25 unit dan masing – masing saling terhubung.

4. Goa Jepang Batu

Di sini terdapat tiga goa yang pernah didiri kan oleh para tentara Jepang. Satu goa yang berada di lokasi Tlekung, Kota Batu, satu nya lagi ada di lokasi Cangar, dan yang terakhir berada di lokasi Coban Talun. Khusus nya untuk goa di Coban Talun, goa ini juga di gunakan sebagai benteng perlindungan para tentara Jepang dari bantaian sekutu. Kemudian, goa ini juga di fungsikan sebagai tempat untuk menampung persediaan makanan, pakaian sampai senjata – senjata.

5. Goa Jepang Klungkung

Goa Jepang Klungklung ini berlokasi di Dusun Koripan, Banjarangkan, Kecamatan Banjarangkann Kabupaten Klungklung. Ini didiri kan pada tahun 1941 sampai 1942 yang bertujuan untuk perlindungan.